• Selasa, 4 Oktober 2022

Alat Serut Lidi UMKM Korem 031/Wira Bima Resmi Diluncurkan

- Rabu, 29 Juni 2022 | 17:18 WIB
Gubri Hadiri peluncuran Alat Serut Lidi UMKM Korem 031 Wira Bima (riausatu.com)
Gubri Hadiri peluncuran Alat Serut Lidi UMKM Korem 031 Wira Bima (riausatu.com)

PEKANBARU,RIAUSATU.COM-Gubernur Riau, Drs H Syamsuar bersama Danrem 031 Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung, meluncurkan alat serut Lidi UMKM Korem 031 Wira Bima, bertempat di halaman Makodim 0301/Pekanbaru, Rabu (29/6/2022).

Gubri Syamsuar mengatakan, alat serut lidi ini merupakan inovasi Danrem 031 Wira Bima.

"Dengan adanya alat serut lidi ini diharapkan dapat membantu usaha-usaha kecil mikro yang ada di desa. Dan lidi ini diharapkan bisa menjadi komoditi ekspor. Untuk itulah, pak Danrem ini punya inovasi membuat mesin ini sekaligus dibagikan kepada UMKM yang ada di daerah. Sehingga setidaknya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Gubernur Riau.

Harapannya, sambung Syamsuar, mari kita bekerjasama dan berkolaborasi agar tidak ada masyarakat kita yang tidak bekerja.

Sementara itu, Danrem 031 Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung mengatakan, awal ini kita buat alat ini 30 unit.

"Diharapkan dapat didistribusikan ke masing-masing tempat seperti masing-masing kodim mendapat 4 unit. Dari 4 tempat tersebut, Dandim akan berkoordinasi kepala daerah. Dan kita sepakat apa yang disampaikan pak Gubri, pemerintah daerah akan mengembangkannya dan Korem memotivasi bapak Gubernur Riau dalam meningkatkan ekonomi di Riau," ulas Danrem.

Masih dikatakan Danrem, masing-masing Kodim mendapat 4 alat.

"Dan nantinya ada Trainer of Trainer. Jadi, mesin ini tergantung keahliannya. Kalau sudah mahir, sehari bisa menghasilkan 10 sampai 15 kilogram. Tapi kalau pemula cuma mencapai 5 sampai 7 kilogram lidi. Dan kalau sudah banyak, nanti bisa kita ekspor. Dan tujuan utama ekspor sementara ini berdasarkan informasi itu ke India," terang Danrem

Imbuh Danrem, alat ini kita modifikasi, lebih simpel dan gampang dioperasionalkan. Dan alat ini gampang mengganti sparepartnya.(ift)

Halaman:

Editor: Fatahilah

Terkini

X