• Selasa, 4 Oktober 2022

Ada Apa? Kontraktor Ramai-ramai Sanggah Penetapan Pemenang Proyek Jalan Bagan Siapi Api - Teluk Piyai (Kubu)

- Jumat, 13 Mei 2022 | 16:06 WIB
Ilustrasi LPSE Riau.
Ilustrasi LPSE Riau.

PEKANBARU, RIAUSATU.COM – Keputusan Kelompok Kerja (Pokja) Pemilihan 20/Dis.PUPRPKPP/T, Pemerintah Daerah Provinsi Riau menetapkan perusahaan pemenang lelang paket pekerjaan Rekonstruksi/Peningkatan Kapasitas Struktur Jalan Bagan Siapi Api - Teluk Piyai (Kubu) (DAK), pagu anggaran Rp29.841.834.065,00, ramai-ramai disanggah para peserta lelang.

Informasi diperoleh dari lpse.riau.go.id, pada 9 April 2022 Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPR PKPP)  Provinsi Riau mengumumkan tender ulang pekerjaan Rekonstruksi/Peningkatan Kapasitas Struktur Jalan Bagan Siapi Api - Teluk Piyai (Kubu) (DAK).

Kemudian, pada 29 April 2022, Pokja Pemilihan 20/Dis.PUPRPKPP/T, memutuskan peserta penawar terendah kelima yakni PT PT. Vetia Delicipta yang beralamatkan Jalan Mesjid No. 60 B Helvetia Labuhan Deli - Deli Serdang, Sumatera Utara, dengan harga penawaran Rp25.505.757.930,81, sebagai pemenang lelang.

Tidak terima dengan keputusan Pokja tersebut, tiga peserta lelang melayangkan surat sanggahan, yakni penawar terendah pertama PT Multi Sindo International dengan penawaran Rp24.015.392.268,34, penawar terendah ketiga PT. Kemuning Yona Pratama dengan harga penawaran Rp25.233.043.846,81, dan penawar terendah keempat PT. Sinar Lestari Pelalawan dengan harga penawaran Rp25.463.851.135,45.

Dalam surat sanggahannya, PT. Kemuning Yona Pratama menyebutkan telah terjadi kesalahan dalam melaksanakan evaluasi, penyimpangan terhadap ketentuan dan prosedur yang diatur dalam peraturan perundang-undangan di bidang pengadaan barang/jasa Pemerintah dan ketentuan yang telah ditetapkan dalam Dokumen Pemilihan.

Bahkan, dalam suratnya PT. Kemuning Yona Pratama menuding telah terjadi rekayasa/persekongkolan sehingga menghalangi terjadinya persaingan usaha yang sehat, serta penyalahgunaan wewenang oleh Pokja Pemilihan, pimpinan UKPBJ, PPK, PA/KPA, dan atau Kepala Daerah.

Terpisah, Direktur PT. Multi Sindo International, Junaidi, membenarkan telah mengirimkan surat sanggahan dan pengaduan kepada Pokja Pemilihan 20/Dis.PUPRPKPP/T pada Kamis, 12 Mei 2022. "Apabila tidak ditanggapi, kita akan bawa ke Pengadilan," tegasnya.

Dikonfirmasi media siber ini, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Riau, Rahmad Ramadiyanto tidak berhasil dihubungi. Ditelepon tak diangkat, hanya nada masuk terdengar. Pertanyaan yang dikirim via chat WhatsApp pun tak dijawab, sampai berita ini tayang. ***

Editor: Novrizon Burman

Tags

Terkini

X