• Senin, 5 Desember 2022

Ramai-ramai Menanam, Petani Sebut Tanaman Ini sebagai Harapan Masa Depan

- Sabtu, 24 September 2022 | 14:14 WIB
 Menanam bibit durian. (f: internet)
Menanam bibit durian. (f: internet)

LIMAPULUH KOTA, RIAUSATU.COM - Imbas melonjaknya harga buah durian di pasaran sejak beberapa tahun belakangan, membuat banyak petani di daerah-daerah sentra durian ramai-ramai menanam durian. Terkadang dengan mengorbankan tanaman lain.

Di Nagari Koto Alam, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, misalnya, sejumlah petani rela mengorbankan tanaman lain asal bisa menanam bibit durian.

"(Durian) ini sepertinya tanaman masa depan," unkap Bidin (48), petani durian di nagari itu. Bidin malah mengorbankan hampir 2 hektar kebun karetnya untuk diganti dengan bibit durian.

Bisa dimaklumi, di saat harga buah durian kian membaik, harga getah karet malah terus merosot. Kalau sebelumnya nilai jual karet di tingkat pedagang pengumpul sampai Rp9.000/kg, belakangan hanya tersisa Rp5.000/kg. "Untuk biaya ke kebun saja tidak tertebus," ungkap Bidin.

Samsu (47) juga tidak mau kalah. "Sejak tiga tahun terakhir saya rutin menanam bibit durian," ungkap Samsu, yang sejauh ini mengaku telah menanam lebih dari 200 bibit durian di ladangnya, yang jauh dari perkampungan.

Sebagian besar petani di daerah itu tidak mengenal bibit unggul, pemupukan dan racun hama dalam melakukan budidadaya tanaman durian. Bibit diambil dari biji durian yang buahnya tergolong enak, lalu dibibitkan di pekarangan rumah. Setelah cukup umur baru dipindahkan ke kebun.

Perawatannya juga tidak tergolong intensif. "Biarkan saja, ia akan tumbuh dengan sendirinya," ungkap Bidin. Paling yang harus diperhatikan adalah kalau bibit reah karena terinjak oleh binatang.

Tanpa harus dipupuk dan dilengkapi racun antihama, menurut Bidin, bibit-bibit durian itu akan tetap tumbuh dengan baik. "Kalau sudah berumur di atas 10 tahun, biasanya sudah menghasilkan buah," terangnya.

Buah durian menjadi andalan baru perekonomian petani di kawasan-kawasan sentra buah durian menyusul membaiknya nilai jual buah durian di pasaran sejak beberapa tahun belakangan.***

Editor: Evi Endri

Tags

Terkini

Tiga Rekomendasi Motor dengan CC Besar

Selasa, 29 November 2022 | 14:31 WIB
X