• Selasa, 4 Oktober 2022

Mendag Pastikan Tidak Ada Penghapusan Kebijakan DMO Sawit

- Rabu, 21 September 2022 | 15:53 WIB
 Ilustrasi. (f: Antara/Pikiran-Rakyat.com)
Ilustrasi. (f: Antara/Pikiran-Rakyat.com)

JAKARTA, RIAUSATU.COM - Menteri Perdangan (Mendag) Zulkifli Hasan memastikan bahwa tidak ada penghapusan kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) sawit yang mengharuskan pelaku usaha memasok 300.000 ton minyak sawit mentah ke dalam negeri.

Saat kunjungannya ke Pasar Badung, Bali, menyatakan bahwa tidak ada nada penghapusan kebijakan DMO sawit. "Tidak ada," kata Mendag, sebagaimana dilansir Pikiran-Rakyat.com.

Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Syailendra menyampaikan hal yang sama, bahwa DMO sawit akan tetap diberlakukan.

Hal tersebut memiliki tujuan untuk menjamin kepastian pasokan minyak sawit domestik, sehingga pasokan dan harga samit akan terjaga.

Menurut Kemendag Syailendra, kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) sawit ini terbilang efektif dalam menjaga pasokan dan harga minyak goreng dalam negeri.

Baca Juga: Gratis Mulai 18 Oktober 2022, Game The Sims 4 Bisa Dimainkan Lewat Perangkat Ini

"Iya, 300 ribu ton per bulan supaya pasokan terjaga. Dan ini betul realisasinya, kami pantau terus. Hampir-hampir tidak pernah di bawah itu," ucapnya.

Terkait dengan potensi ekspor minyak sawit yang hilang karena DMO masih berlaku, Kemendag Syailendra mengungkapkan bahwa dalam hal ekspor masih dapat dilakukan dalam jumlah yang juga besar.

Dia mengungkapkan jika 300 ribu ton disuplai, lalu dikali Sembilan, maka ekspornya itu 2,7 juta ton, itu hanya di Jawa saja. Hal itu akan berbeda jika ekspor di bagian Indonesia bagian Timur.

"Kalau 300 ribu ton disuplai, dikali Sembilan, maka ekspornya itu 2,7 juta ton. Itu di Jawa saja. Kalau dia kemas seperti Minyakita, kali lagi 1,5. Kalau diaa Indonesia Timur tambah lagi porsinya," ujar Syailendra.

Halaman:

Editor: Evi Endri

Tags

Terkini

Soal Tarif Listrik, Ini Kata Sekjen Kementerian ESDM

Kamis, 22 September 2022 | 16:28 WIB
X