Jokowi: Pemerintah Tetap akan Memberikan Subsidi bagi Pelanggan Listrik Berdaya 450 VA

- Selasa, 20 September 2022 | 15:55 WIB
Ilustrasi. (f: Pikiran-Rakyat.com)
Ilustrasi. (f: Pikiran-Rakyat.com)

JAKARTA, RIAUSATU.COM - "Tidak ada, tidak ada penghapusan untuk 450 VA. Tidak ada juga perubahan dari 450 VA ke 900 VA," ujar  Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang membantah akan adanya penghapusan daya listrik 450 VA untuk rumah tangga. Dia menegaskan tidak adanya penghapusan tersebut.

Selain itu, Jokowi juga membantah terkait perubahan daya listrik 450 VA ke 900 VA. Menurutnya pemerintah tidak pernah berbicara soal itu. "Tidak ada, tidak pernah berbicara seperti itu," kata Jokowi menambahkan.

Isu akan adanya penghapusan daya 450 VA mengemuka akhir-akhir ini, setelah pemerintah dan Badan Anggaran DPR sepakat soal penghapusan daya listrik 450 VA.

Ketua Badan Anggaran DPR Said Abdullah mengatakan, masyarakat miskin yang saat ini menggunakan daya listrik 450 akan dinaikkan menjadi 900 VA sebagai gantinya.

Said Abdullah menjelaskan subsidi bukanlah masalah utama terkait permasalahan listrik melainkan kelebihan suplai.

Jokowi menekankan tidak adanya penghapusan 450 VA ke 900 VA untuk rumah tangga. Dia meminta masalah ini jangan malah membuat masyarakat di bawah menjadi resah.

Lebih lanjut, kata Jokowi, pemerintah tetap akan memberikan subsidi bagi pelanggan listrik berdaya 450 VA.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan bahwa selama ini, pemerintah dan PLN tidak pernah melakukan pembicaraan soal perubahan daya listrik rumah tangga.

"Keputusan Pemerintah sudah sangat jelas. Tidak ada perubahan daya dari 450 VA ke 900 VA dan PLN siap menjalankan keputusan tersebut," katanya.***

Editor: Evi Endri

Tags

Terkini

X