• Senin, 5 Desember 2022

Kenduri Riau 2022 Disambut Antusias oleh Para Pelaku Ekonomi Kreatif

- Senin, 3 Oktober 2022 | 14:08 WIB
 (f: istimewa)
(f: istimewa)

PEKANBARU, RIAUSATU.COM - Helat Kenduri Riau 2022 disambut baik para pelaku ekonomi di daerah ini. Sejumlah pelaku ekonomi kreatif ikut barpartisipasi aktif di iven yang digelar dari 29 September sampai 2 Oktober itu.

Seorang pelaku ekonomi kreatif (Ekraf), Zarul ikut serta dalam ajang tersebut. Ia membawa hasil kriya berbahan dasar rotan untuk dipamerkan dan dijual.

“Kalau produk rotan yang dijual di sini ada tempat tisu, kursi rotan, serta pernak penik dari rotan seperti tempat buah, tempat minum dan lain-lainnya,” kata Zairul, pemilik outlet "Rattan" di Jalan Yos Sudarso, Rumbai, Sabtu (01/10/2022) malam.

Dijelaskannya, saat ini bahan rotan dari hutan alam sulit dicari di Riau, sehingga ia harus memasok dari luar daerah seperti Sumatera Barat dan Jepara Jawa Tengah.
Sementara, untuk memenuhi kebutuhan konsumen, Zairul bersama timnya mencoba menawarkan produk rotan sintetis.

“Selain rotan asli kami juga menyediakan produk rotan sintetis. Karenakan sekarang mencari bahan rotan asli itu sudah payah, makanya kami ada sebagian ambil bahan dari Sumbar dan Jepara,” jelasnya.

Sementara itu, Afni penjual batik Riau yang memiliki merek dagang bernama PucukTabir Craf menerangkan, pameran seperti ini merupakan langkah baik pemerintah daerah untuk membantu perkembangan pelaku parekraf. “Kami senang sekali bisa ikut pameran ini, karena dengan adanya pameran ini bisa membuat produk kami makin dikenal,” terangnya.

Dia ungkapkan, harga batik yang ia dijual mulai 350 ribu rupiah. Berbagai motif batik ia produksi di antaranya motif pucuk tabir, bunga pecah delapan, curai, tari zapin, bunga teratai, dan motif lainnya.

“Harga yang kami tawarkan semeternya beragam mulai 350ribu hingga 500ribu. Tentunya harga itu tergantung dengan cara pembuatannya. Karena disini kami ada batik cap, batik tulis, dan batik kontemporer [perpaduan cap dan kontemporer],” ungkapnya.

Untuk keperluan itu, Dispar Provinsi Riau telah menyiapkan 62 booth/stan untuk komunitas dan pelaku parekraf yang terdiri dari pelaku fesyen, kriya, seni rupa, aplikasi, desain produk, komunitas pecinta satwa dan hobi lainnya.***

Editor: Evi Endri

Tags

Terkini

Pemprov Riau Cabut Status Siaga Darurat Karhutla

Rabu, 30 November 2022 | 09:41 WIB

Dinkes: Positif Covid-19 di Riau Bertambah 49 Orang

Senin, 21 November 2022 | 11:07 WIB
X