• Senin, 4 Juli 2022

KPK Diminta Telisik Proses Tender Mobil Ratusan Miliar Rupiah di PHR

- Minggu, 22 Mei 2022 | 13:15 WIB
Acara buka puasa bersama di rumah anggota Komisi VII DPR RI  Muhammad Nasir, di Pekanbaru, 26 April 2022, dihadiri oleh Dirut PT Pertamina Hulu Rokan Jafee Arison Suardin. (f: ist)
Acara buka puasa bersama di rumah anggota Komisi VII DPR RI Muhammad Nasir, di Pekanbaru, 26 April 2022, dihadiri oleh Dirut PT Pertamina Hulu Rokan Jafee Arison Suardin. (f: ist)

PEKANBARU, RIAUSATU.COM – Direktur Eksekutif Yusri Usman mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelisik dan mengusut proses tender Penyediaan Jasa Rental Kendaraan Ringan Penumpang untuk Area Operasi PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

‘’Kita minta KPK menelisik dan mengusut proses kegiatan Nomor Tender SPHR00180A di PHR dengan anggaran ratusan miliaran rupiah itu, karena kita menduga kuat ada persekongkolan untuk memenangkan satu perusahaan,’’ sebut Yusri Usman, kepada media siber ini, Ahad (22/5/2022) siang.

Menurutnya, KPK bisa buka CCTV di rumah Muhammad Nasir, apa benar ada pertemuan dimaksud. ‘’Buka CCTV di rumah M Nasir, benar nggak ada pertemuan itu. Audit forensik nomor Hp dan WA, pembicaan di hp. Ini kan menimblukan banyak spekulasi. Nanti akan terbuka kalau ada intervensi,’’ tegasnya.

Desakan CERI agar KPK menelisik dan mengusut proses tender Penyediaan Jasa Rental Kendaraan Ringan Penumpang untuk Area Operasi PHR selama tiga tahun ini berawal dari pemberitaan di sejumlah media situs berita (siber).

Seperti dilansir Urbannews.id, sebuah pertemuan berlangsung di kediaman anggota Komisi VII DPR RI Bidang Migas, Muhammad Nasir di Pekanbaru, Riau, pada 26 April 2022. Acaranya biasa, buka puasa bersama.

Namun, yang hadir kali itu bukan sembarang orang. Ada Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), Jafee Arison Suardin.

Jafee adalah orang nomor satu di jajaran direksi perusahaan Migas yang kini mengelola WK Migas Blok Rokan di Provinsi Riau itu. Selain itu, juga hadir Ketua Umum Asosiasi Kontraktor Migas Riau (AKMR), Azwir Effendy.

Azwir membenarkan adanya pertemuan itu ketika dikonfirmasi wartawan pada Selasa (17/5/2022). Ia juga mengaku melihat Jafee hadir pada pertemuan itu.

Menariknya, sehari setelah acara di rumah Muhammad Nasir itu, PHR mengumumkan pembatalan agenda Pembukaan dan Pemasukan Dokumen Penawaran pada tender kegiatan Penyediaan Jasa Rental Kendaraan Ringan Penumpang untuk Area Operasi PHR dengan Nomor Tender SPHR00180A. Agenda ini sedianya dilaksanakan pada 27 April 2022.

Sebelum penundaan itu, pada malam setelah acara buka puasa bersama itu, beredar pesan Whatsapp di antara sembilan peserta tender. Pesan itu diduga berasal dari Ketua Asosiasi Kontraktor Migas Riau, Azwir Effendy. Adapun pesan itu  berbunyi, "Penundaan ini hasil pertemuan saya dengan Pak Buyung, Pak Feri, dan Bang Nasir di rumahnya tadi malam."

Halaman:

Editor: Novrizon Burman

Tags

Terkini

Personel Polsek Sukajadi Patroli Sepeda

Sabtu, 12 Februari 2022 | 13:32 WIB

Oknum Pejabat Kemenkeu Diperiksa Polisi

Selasa, 23 November 2021 | 21:43 WIB

Terpopuler

X