• Senin, 5 Desember 2022

Setelah Diuji Coba, Ternyata Kompor Listrik Lebih Murah dari Gas 3 Kilogram!

- Senin, 26 September 2022 | 13:53 WIB
 Ilustrasi kompor listrik. (f: Pixabay/congerdesign/Pikiran-Rakyat.com)
Ilustrasi kompor listrik. (f: Pixabay/congerdesign/Pikiran-Rakyat.com)

JAKARTA, RIAUSATU.COM - Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya telah melakukan evaluasi uji coba kompor listrik pada 1.000 keluarga Kelompok Penerima Manfaat (KPM) di dua kota, yakni Solo dan Denpasar.

Uji coba tersebut, menurut Darmawan, Ahad (25/9/2022), menunjukkan progres yang positif. Ia menyebut, warga KPM bahkan merasa biaya kompor listrik lebih murah dari gas 3 kilogram.

Masyarakat penerima manfaat sendiri adalah pelanggan yang menggunakan daya listrik 450 VA dan 900 VA.

Selain progres baik, kendala-kendala teknis juga ditemukan dalam uji coba lapangan, salah satunya berkaitan dengan peralatan masak seperti panci dan wajan.

Untuk itu, Darmawan mengungkap pihaknya akan terus melakukan perbaikan.

“Arahan pemerintah sangat jelas dan PLN menindaklanjuti dengan berbagai perbaikan pada program uji coba di dua kota tersebut,” ujar Darmawan, sebagaimana dilansir Pikiran-Rakyat.com.

Selain perbaikan, pihaknya juga akan terus melakukan pendampingan. Langkah ini akan dilakukan hingga masyarakat penerima manfaat dapat beralih sepenuhnya ke kompor listrik.

“Kami terus memberikan pendampingan kepada masyarakat penerima manfaat, sampai benar-benar dapat mengoperasikan penggunaannya secara mandiri dan beralih sepenuhnya ke kompor listrik,” katanya.

Darmawan melanjutkan, jalur listrik untuk memasak nantinya akan disediakan terpisah dari jalur listrik yang sudah ada di rumah.

Sehingga, tidak ada pengalihan daya listrik dari 450 VA ke 900 VA seperti yang pernah beredar di masyarakat.

Halaman:

Editor: Evi Endri

Tags

Terkini

Tiga Rekomendasi Motor dengan CC Besar

Selasa, 29 November 2022 | 14:31 WIB
X