• Selasa, 4 Oktober 2022

BLT Dipotong, Risma: Pihak Kemensos Siap Menjadi Saksi

- Kamis, 22 September 2022 | 16:01 WIB
 Menteri Sosial, Tri Rismaharini. (Instagram @tri.rismaharini/Pikiran-Rakyat.com)
Menteri Sosial, Tri Rismaharini. (Instagram @tri.rismaharini/Pikiran-Rakyat.com)

JAKARTA, RIAUSATU.COM - Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini mempersilahkan kepada masyarakat melapor ke aparat penegak hukum jika terjadi dugaan pemotongan bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM).

Hal itu meyakini Risma jika adanya pemotongan terhadap BLT BBM yang dirasakan oleh masyarakat setelah bantuan tersebut diterima.

Ia juga menjelaskan bahwa jika masyarakat mendapatkan pemotongan, bisa dilaporkan beserta bukti jika adanya pemotongan BLT tersebut.

Diketahui adanya laporan bahwa sejumlah pimpinan melakukan pemotongan BLT BBM, Mensos Risma menyerahkan hal tersebut ke pihak aparat penegak hukum.

"Silahkan laporkan dan APH (aparat penegak hukum) sudah bergerak. Kami setiap beberapa hari sekali, Polda-Polda itu minta kami bisa konferensi, menjelaskan itu," ujar Mensos Risma, seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara, Kamis, 22 September 2022.

Ia juga mengatakan bahwa pihak Mensos siap menjadi saksi dari kasus pemotongan BLT yang terjadi kepada masyarakat di sejumlah wilayah.

Sebelumnya telah terjadi laporan adanya pemotongan BLT BBM yang dilakukan oleh sejumlah kepada daerah. Seperti pemotongan BLT BBM dari Kabupaten Blora, Kecamatan Randublatung, sebesar Rp20.000 per penerima manfaat.

Selain itu ada juga kasus penarikan BLT BBM senilai Rp100.000 oleh pemerintah Desa Cikakak, Kecamatan Banjarharjo, Brebes dengan dalih untuk biaya sedekah bumi yang rencananya akan digelar tahun depan.

Setelah kasus tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan tanggapannya dan menjelaskan bahwa pihak-pihak yang sudah melakukan pemotongan BLT untuk masyarakat yang kurang mampu merupakan pengkhianat dari negara.

"Tidak boleh ada yang mengganggu pelaksanaan dana kompensasi BBM. Maka mereka yang bermain kotor di sini, itu pengkhianat negara. Itu berkhianat kepada negara," ujar Ganjar dengan tegas saat memberikan arahan secara daring kepada camat, kepala desa, serta aparatur sipil negara dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah se-Kabupaten Blora, Rabu.***

Halaman:

Editor: Evi Endri

Tags

Terkini

BLT Dipotong, Risma: Pihak Kemensos Siap Menjadi Saksi

Kamis, 22 September 2022 | 16:01 WIB
X