• Selasa, 4 Oktober 2022

Polda Riau Miliki Inovasi 11 Aplikasi Digital Berbasis Android, Irjen Iqbal: Kepolisian Harus Adaptif

- Selasa, 20 September 2022 | 16:30 WIB
Kapolda Riau Irjen Iqbal saat melauching 11 Aplikasi Digital Berbasis Android, Selasa (20/9/2022) (ft: istimewa)
Kapolda Riau Irjen Iqbal saat melauching 11 Aplikasi Digital Berbasis Android, Selasa (20/9/2022) (ft: istimewa)

 

 

PEKANBARU, RIAUSATU COM - Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal menemukan terobosan baru berupa aplikasi digital milik Direktorat Polairud, yang dapat dipasang di smartphone berbasis Android, Selasa (20/9/2022). Aplikasi juga dilengkapi fitur-fitur canggih yang memudahkan masyarakat untuk berkoordinasi dengan kepolisian.

Aplikasi tersebut diberi nama QRIS yang artinya Sistem Informasi Respons Cepat. Dari namanya saja sudah jelas bahwa aplikasi ini mumpuni untuk merespon cepat laporan masyarakat, mulai dari kejahatan, peristiwa dan berbagai hal lainnya dalam teritori perairan di Riau.

Irjen Iqbal menjelaskan, diluncurkannya aplikasi QRIS Ditpolairud Polda Riau merupakan bentuk pelayanan yang optimal dan terbaik untuk masyarakat.

"Kita diamanahkan oleh rakyat maka harus betul-betul melakukan upaya maksimal," kata dia.

Salah satu keunggulan aplikasi QRIS adalah dengan dilengkapi tombol panik, di mana masyarakat sudah menginstal aplikasi bisa berkoordinasi dengan aparat Polair jika melihat kejadian di perairan Riau, mulai dari perompakan dan kejahatan lainnya, kebakaran hingga kecelakaan kapal dan sebagainya.

Dengan satu tombol, petugas terdekat yang berada di lokasi kejadian akan menerima sinyal kemudian melakukan konfirmasi kepada pemberi laporan, lalu mengambil tindakan sesuai tingkat kerawanannya. Hebatnya, petugas yang mendapat sinyal panic button tak bisa lalai meresponnya.

"Kalau ada anggota yang elek-elekan bahasanya begitu, nanti akan diberi hukuman atau hukuman, nanti Propam. Kita ingin memberikan jaminan bahwa setiap laporan masyarakat ditindak dengan cepat, respon cepat," yakin mantan Kapolda NTB tersebut.

Halaman:

Editor: Daud Mahmud

Tags

Terkini

X