• Selasa, 4 Oktober 2022

Pemilu 2024 Kian Dekat, Mendagri: ASN Harus Tetap sebagai Tenaga Profesional

- Kamis, 22 September 2022 | 16:19 WIB
   Mendagri Tito Karnavian. (f: Instagram/@titokarnavian/Pikiran-Rakyat.com)
Mendagri Tito Karnavian. (f: Instagram/@titokarnavian/Pikiran-Rakyat.com)

JAKARTA, RIAUSATU.COM -Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengingatkan para ASN (aparatur sipil negara) harus tetap pada posisi sebagai tenaga profesional dalam menghadapi kontestasi Pemilu 2024.

"Meskipun memiliki hak pilih tapi tidak boleh berpolitik praktis memihak kepada calon atau partai tertentu," ujar Tito Karnavian dikutip Pikiran-Rakyat.com dari pmjnews pada 22 September 2022.

Menurut mantan Kapolri itu, kita harus membiarkan kompetisi ini berproses sendiri untuk menentukan kader-kader pemimpin yang terbaik.

"Kita semua sepakat biarlah siapapun yang bertanding baik tingkat pusat atau daerah atau legislatif proses itu untuk menentukan kader-kader pemimpin yang terbaik,” tuturnya

Ia juga mengingatkan ASN sebagai roda pemerintahan harus tetap pada posisi netral kepada siapapun pihak yang menang.

“Tetapi kita sebagai ASN yang mengawaki jalannya roda pemerintahan harus tetap pada posisi netral siapapun pemenangnya," lanjutnya.

Tito Karnavian melanjutkan, ASN merupakan bagian penting dari pemerintahan. ASN dibentuk untuk menjamin berlangsungnya Pemilu dan Pilkada tahun 2024.

Tito Karnavian menegaskan aturan terkait Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak ikut campur dinamika politik. Ia mengharapkan agar ASN dapat bersikap profesional, dan tidak ikut campur dinamika politik pemilihan umum dan Pemilihan kepala daerah.

Oleh karena itu, dia meminta sikap netral para ASN dan mengimbau agar tidak ikut dalam berpolitik, bahkan memihak kepada calon atau partai tertentu saat Pemilihan Umum 2024 mendatang.***

Editor: Evi Endri

Tags

Terkini

Airlangga Hartarto Minta Dukungan, Ini Jawaban JK

Sabtu, 17 September 2022 | 15:01 WIB

PDI P Riau Bagikan 451 Kantong Daging Kurban

Senin, 11 Juli 2022 | 16:02 WIB
X