• Senin, 5 Desember 2022

Lima Pekerja Meninggal, AMPR Desak Menteri BUMN Pecat Jaffee A Suardin dan Feri Sri Wibowo dari PHR

- Selasa, 22 November 2022 | 21:52 WIB
Zulkardi, Koordinator Umum Aliansi Masyarakat Peduli Riau (AMPR).
Zulkardi, Koordinator Umum Aliansi Masyarakat Peduli Riau (AMPR).

PEKANBARU, RIAUSATU.COM – Antara rentang waktu Juli s/d  November 2022, telah terjadi lima insiden kecelakaan kerja di lingkungan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR). Sedihnya, insiden terbanyak terjadi pada November 2022 dengan tiga kejadian dalam kurun waktu empat hari, yakni dari tanggal 17 s/d 20.

"Bahkan, akibat kecelakaan dimaksud ada lima orang meninggal dunia," ujar Zulkardi, tokoh Pemuda Provinsi Riau yang juga Koordinator Umum Aliansi Mahasiswa Pemuda Riau (AMPR), di Pekanbaru, Selasa (22/11/2022).

Menurutnya, PT PHR diduga tidak memberitahukan lima insiden kecelakaan kerja tersebut kepada Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Riau, kalau benar jelas ini telah melanggar Peraturan Kementerian Ketenagakerjaan.

Buruknya penanganan manajemen pekerjaan di lingkungan PT PHR ini, sebutnya, bukan hanya menjadi tanggung jawab Feri Sri Wibowo selaku Executive Vice President PT PHR, juga mencerminkan bobroknya kepemimpinan Jafee A Suardin sebahai Direktur Utama PT PHR.

"Saat ini, teman-teman AMPR sedang menyusun pulbaket betapa bobroknya kinerja Direktur Utama PHR Jeffe A Suardin dan Executive Vice President PHR Feri Sri Wibowo, guna memberikan acuan kepada Kementerian BUMN untuk mengevaluasi mereka berdua sebagai pimpinan di BUMN tersebut," tegas Zulkardi

Pihaknya sangat mengutuk keras atas terjadi kecelakaan kerja di lingkungan PHR yang mengakibatkan meninggalnya beberapa pekerja di lokasi Wilayah Kerja Blok Rokan.

"Kami juga meminta Mabes Polri membentuk tim khusus untuk mengusut tuntas penyebab meninggalnya beberapa pekerja PHR secara beruntun tersebut, untuk itu kami akan segera menyurati Presiden, Menteri BUMN, dan Kapolri," tegas Zulkardi.

Dia juga menegaskan, sejak Jaffee A Suardin dan Feri Sri Wibowo dipercaya mengelola hasil minyak murni Blok Rokan hancur. "Sekali lagi, saat ini kami sedang pulbaket dan akan membongkar semua kinerja buruk PHR yang dipimpin oleh Jaffee A Suardin dalam waktu dekat ke publik," pungkas Zulkardi.

Terpisah, PT PHR dalam rilisnya yang diterima riausatu.com, Selasa (22/11/2022) malam, menyampaikan duka cita yang sangat mendalam atas meninggalnya mitra kerja PHR pada Kamis (17/11/2022) dan Ahad (20/11/2022, karena sakit.

Rudi Ariffianto, VP Corporate Affairs PT PHR mengatakan bahwa penyebab meninggalnya mitra kerja PHR baru-baru ini bukanlah akibat kecelakaan kerja.

Halaman:

Editor: Novrizon Burman

Tags

Terkini

IMR Riau Galang Dana Gempa Bumi Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 15:08 WIB
X