• Senin, 5 Desember 2022

Permarindra Demo Lagi, Desak KPK Usut HGU PT SDG dan Dugaan Pencucian Uang Ciliandra Fangiono

- Rabu, 23 November 2022 | 17:32 WIB
Puluhan massa Perkumpulan Masyarakat Riau untuk Indonesia Raya (Permarindra), Rabu (23/11/2022), kembali melakukan unjuk rasa di KPK, mendesak lembaga anti rasuah mengusut dugaan pencucian uang Ciliandra Fangiono dari hasil perkebunan PT. Surya Dumai Group.
Puluhan massa Perkumpulan Masyarakat Riau untuk Indonesia Raya (Permarindra), Rabu (23/11/2022), kembali melakukan unjuk rasa di KPK, mendesak lembaga anti rasuah mengusut dugaan pencucian uang Ciliandra Fangiono dari hasil perkebunan PT. Surya Dumai Group.

JAKARTA, RIAUSATU.COM – Puluhan massa yang menamakan dirinya Perkumpulan Masyarakat Riau untuk Indonesia Raya (Permarindra), Rabu (23/11/2022), kembali melakukan unjuk rasa di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Sama dengan aksi-aksi mereka di Gedung Merah Putih sebelumnya, kali ini pun Permarindra mendesak KPK membentuk Tim Khusus untuk mengusut delapan perusahaan perkebunan kelapa sawit anak perusahaan PT Surya Dumai Group (SDG) di Provinsi Riau, karena diduga tidak punya izin hak guna usaha (HGU).

Dalam aksinya, Korlap Permarindra, Fathurrahman Amdal, mengatakan, kasus PT. SDG di Provinsi Riau dengan luas lahannya hampir setengah dari lahan yang ada di daerah ini, diduga tidak jelas izinnya dan memiskinkan masyarakat Riau.

Menurutnya, PT. SDG  milik Martias Fangiono yang dikelola oleh putranya Ciliandra Fangiono adalah perusahaan besar, diduga semena-mena mampu membungkam beberapa pihak terkait kasus izin yang ada.

"Kami meminta KPK melakukan pemeriksaan terhadap Ciliandra Fangiono terkait HGU seluruh perkebunan sawit milik PT. SDG yang diduga 80 persen tidak berizin," tegas Korlap.

Dia juga menyampaikan dugaan praktik pencucian uang dari hasil pendapatan kebun kelapa sawit PT. SDG yang diduga dilakukan oleh Ciliandra Fangiono, putra Martias Fangiono.

‘’Usut tuntas dugaan pencucian uang yang dilakukan oleh Ciliandra Fangiono,’’ tegas Fathurrahman Amdal, yang diikuti massa Permarindra.

Pantauan media siber ini, dalam aksinya Permarindra mengusung beberapa spanduk, dengan menampilkan foto Martias Fangiono dan sang putra mahkota kerajaan bisnis PT SDG, Ciliandra Fangiono.

Spanduk-spanduk itu antara lain bertuliskan: “Kami Meminta KPK RI Bentuk Tim Khusus Usut Kasus PT. Surya Dumai Group (SDG) di Provinsi Riau, Diduga Tidak Memiliki HGU Sebanyak 80 Persen  Lahannya, Tangkap dan Periksa Bos PT. Surya Dumai Group (SDG) Marthias Fangiono Alias Pung Kian Hwa.”

Ada pula spanduk bertuliskan: “Diduga!!! Ciliandra Fangiono (Anak Martias Fangiono) Melakukan Pencucian Uang dari Hasil Perkebunan PT Surya Dumai Group." ***

Halaman:

Editor: Novrizon Burman

Tags

Terkini

Polisi Tangkap Dua Anggota Geng Motor Pengeroyok Warga

Selasa, 22 November 2022 | 09:11 WIB
X