Kamis, 06 / 08 / 2020
Advertorial
DPRD Riau Sahkan APBD 2018 dengan Sejumlah Rekomendasi untuk Pemprov

| DPRD PROV. RIAU
Senin, 04 Desember 2017 - 07:34:21 WIB
PEKANBARU, RIAUSATU.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau Tahun Anggaran (TA) 2018 sebesar Rp10 triliun lebih dalam Rapat Paripurna di Ruang Paripurna DPRD Riau, Rabu (29/11/2017).

Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo bersama pimpinan DPRD lainnya yakni Ketua DPRD Riau Septina Primawati beserta Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman dan Kordias Pasaribu. Sementara dari Pemerintah Provinsi Riau dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi, Asisten II Setdaprov Riau Masperi, termasuk para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau.

Anggota Badan Anggaran DPRD Riau Sugeng Pranoto dalam laporannya mengatakan dibandingkan dengan total APBD Riau 2017 (setelah perubahan) sebesar Rp10,379 triliun lebih dengan anggaran belanja setelah penandatanganan nota kesepakatan dan dalam Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah Provinsi Riau tentang APBD Provinsi Riau Tahun 2018 sebesar Rp10,091 triliun lebih, maka terdapat penurunan sebesar Rp306.537.596.971,30 atau 2,95 persen.

Adapun rincian dari Rp10,091 triliun lebih tersebut yakni, belanja tidak langsung Rp5,7 triliun lebih dengan rincian belanja pegawai Rp2,3 triliun lebih, belanja hibah Rp1,3 triliun lebih, belanja bantuan sosial Rp12 miliar lebih, belanja bagi hasil kepada kabupaten/kota Rp1,4 triliun lebih. Selanjutnya, belanja bantuan keuangan kabupaten/kota/desa Rp482 miliar lebih, belanja tak terduga Rp10 miliar. Sedangkan untuk belanja langsung Rp4,3 triliun lebih.

Sugeng Pranoto juga menjelaskan pendapatan daerah sebesar Rp9,001 triliun lebih, pendapatan asli daerah Rp3,9 triliun lebih yang terdiri dari pajak daerah Rp3,2 triliun, retribusi daerah Rp15,7 miliar lebih, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan Rp218 milair lebih, Lain-lain PAD yang sah Rp526 miliar lebih.

Untuk dana perimbangan sebesar Rp5,02 triliun lebih dengan rincian bagi hasil pajak/bagi hasil bukan pajak Rp2,099 triliun lebih, dana alokasi umum Rp1,4 triliun lebih, dana alokasi khusus Rp1,4 triliun lebih. Lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp10,475 milair dengan rincian pendapatan hibah Rp2,9 miliar lebih, dana penyesuaian dan otonomi khusus Rp7,5 miliar.

Dalam kesempatan tersebut, Sugeng Pranoto menyampaikan beberapa rekomendasi Banggar terhadap Perda APBD Riau Tahun 2018. Di antaranya Banggar meminta Pemerintah Provinsi Riau agar serius dan sungguh-sungguh menindaklanjuti catatan penting yang terdapat dalam pandangan umum fraksi-fraksi dan masukan yang disampaikan komisi-komisi.

''Kita juga minta Pemprov Riau mencermati semua rekomendasi yang dikemukakan untuk setiap permasalahan dan melaksanakan tindaklanjutnya sehingga Raperda APBD Riau Tahun 2018 dapat terlaksana secara efisien dan efektif sesuai ketentuan yang berlaku,’’ tambahnya.

Pengesahan APBD Riau 2018 Dijadwalkan Lagi Rabu Malam Besok
Suasana Rapat Paripurna Pengesahan APBD Riau Tahun Anggaran 2018.

Rekomendasi lain, Pemprov Riau diminta membentuk tim reformasi manajemen pengelolaan pendapatan daerah dalam rangka mempersiapkan dan melaksanakan penguatan reformasi manajemen pengelolaan Pendapatan Daerah yang mencakup aspek organisasi, sumber daya manusia, infrastruktur, penganggaran, peraturan perundang-undangan, basis data, proses, dan teknologi informasi.

Sementara Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim dalam pidato pembukaan penyampaian persetujuan akhir kepala daerah menyampaikan terima kasih kepada Badan Anggaran dan komisi yang telah banyak mencurahkan energi dan pikiran dalam memberikan saran dan tanggapan dan koreksi terhadap rancangan anggaran APBD Riau 2018 sehingga menghasilkan komitmen bersama berupa persetujuan untuk penetapan akhir tahun anggran 2018 yang dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat.

Selanjutnya, Wan Thamrin Hasyim menyampaikan hasil pembahasan rancangan APBD 2018 langsung khususnya kepada para hadirin yang tidak terlibat langsung dalam penyusunan RAPBD tersebut terkait penerimaan, belanja, dan pembiayaan. “Secara umum apa yang telah dikomunikasikan bersama dan proses pembahasan setelah kami sikapi dan tindaklanjuti dan di antaranya melakukan penyesuaian-penyesuaian dan penyempurnaan terhadap alokasi anggaran, baik pada kelompok pendapatan daerah maupun pada kelompok belanja daerah sehingga diperoleh APBD Riau 2018,” katanya.

Pada akhir penyampaian, Wan Thamrin berharap proses evaluasi dapat berjalan dengan lancar dan para jajaran eksekutif untuk terus meningkatkan kinerjanya agar dapat menjalankan semua program dan kegiatan pembangunan yang telah di rencanakan agar pemanfaatan anggaran pada tahun 2018 ini dapat berjalan secara optimal efektif dan juga efisien. (rs2)

DIBACA : 2413 KLIK

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 081371554444 atau Email: redaksi.riausatu@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.

 
Index

Konten SPORT | POLITIK | HUKRIM | OTONOMI | NASIONAL | PERISTIWA | IPTEK | EKONOMI | OTOMOTIF | JENDELA | ADVERTORIAL | ROHIL | INHIL |
RIAU | DPRD PROV. RIAU
Management TENTANG KAMI | REDAKSI | PEDOMAN MEDIA SIBER | INFO IKLAN | DISCLAIMER | INDEX
Copyright © 2014 RiauSatu.Com, All Rights Reserved