Minggu, 26 / Januari / 2020
Sah, Septina Primawati Duduki Kursi Ketua DPRD Provinsi Riau

| DPRD PROV. RIAU
Senin, 24 Oktober 2016 - 22:49:00 WIB
PEKANBARU, RIAUSATU.COM - Dra. Hj. Septina Primawati, MM, anggota DPRD Provinsi Riau dari Fraksi Partai Golongan Karya, resmi dilantik dan diambil sumpah jabatannya sebagai Ketua DPRD Provinsi Riau sisa masa jabatan periode 2014-2019. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Septina sebagai ketua Parlemen Riau itu dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Riau.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Septina Primawati dipusatkan di Ruang Paripurna Gedung DPRD Riau di Pekanbaru dalam sidang paripurna istimewa DPRD Riau dengan agenda Pengucapan Sumpah/Janji Ketua DPRD Riau sisa masa jabatan 2014-2019, Senin  (24/10/2016) pagi.

Septina dilantik sebagai Ketua DPRD Riau menggantikan Suparman, yang memilih mengundurkan diri sebagai Ketua DPRD Riau karena mengikuti Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Rokan Hulu tahun 2015. Selama beberapa bulan, kursi Ketua DPRD Riau kosong, dan kepemimpinan di lembaga legislatif tingkat provinsi itu dijalankan oleh sejumlah wakil ketua secara kolektif-kologial.


Ketua Pengadilan Tinggi Riau memandu pengucapan sumpah/janji jabatan Ketua DPRD Riau.

''Apakah saudari bersedia dilantik sebagai ketua DPRD Riau,'' tanya Ketua Pengadilan Tinggi Riau kepada Septina. Septina pun menjawab dengan kata ''bersedia'', dalam pelantikan yang dihadiri Nurdin Halid, Ketua Harian DPP Partai Golkar berserta sejumlah anggota DPP Golkar, Gubernur Riau, unsur Forkopimda Riau, tokoh masyarakat Riau, dan ribuan undangan lainnya.

Sementara itu, Septina Primawati mengucapkan rasa syukurnya atas dilantiknya ia selaku pimpinan tertinggi di DPRD Riau. Ia pun berharap kerjasama dan dukungan dari semua pihak dalam menjalankan amanah yang baru diembannya tersebut. ''Ini tugas yang tidak mudah  untuk dilaksanakan, apalagi meneruskan tugas sebelumnya, butuh kerjasama dan partisipasi dari semua pihak, yang nantinya untuk kepentingan masyarakat Riau,'' ungkap istri mantan Gubernur Riau, Rusli Zainal ini.

Politisi Golkar ini menyebut, banyak tugas anggota dewan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, salah satunya pembahasan APBD Riau tahun 2017. Lagi-lagi sebutnya, pembahasan APBD ini perlu dukungan dari semua pihak.

Noviwaldy Jusman, Wakil Ketua DPRD Riau yang memimpin sidang paripurna istimewa, mengucapkan selamat kepada Septina Primawati yang baru saja dilantik menjadi ketua DPRD Riau menggantikan Suparman yang maju dalam Pilkada Rokan Hulu. ''Dengan diisinya kembali jabatan ketua DPRD Riau, maka akan memudahkan kita selaku pimpinan dalam menjalankan tugas di dewan. Kita pun bisa saling berbagai tugas dalam menjalankan amanah ini,'' jelasnya.


Septina Primawati menandatangani berita acara pengucapan sumpah/janji jabatan Ketua DPRD Riau.

Mengaku Bangga
Septina Primawati, yang baru dilantik dan diambil sumpah jabatannya sebagai Ketua DPRD Riau, mengaku bangga dapat terpilih sebagai Ketua DPRD Riau perempuan yang pertama. Hal ini membuatnya bangga sekaligus memotivasi dirinya untuk tampil lebih baik lagi sebagai politisi perwakilan rakyat.

Dengan terpilihnya dirinya sebagai pimpinan tertingi dalam lembaga legislatif daerah Riau, merupakan bukti bahwa emansipasi wanita di Riau ini telah dapat berjalan dengan baik sesuai dengan amanat konstitusional.

''Menilik dinamika perpolitikan daerah Riau kini, kita memandang bahwa arahnya sudah berjalan menuju ke sesuatu yang baik. Hal ini dengan melihat bahwa saya dapat dipercaya sebagai ketua DPRD Riau pertama yang merupakan seorang wanita atau perempuan,'' kata Septina dalam sambutannya usai diambil sumpah jabatan sebagai ketua DPRD Riau.

Selama ini, menurut mantan calon Walikota Pekanbaru itu, perempuan selalu dianggap remeh dengan meletakkannya sebagai lapis kedua setelah lelaki. Bahkan selama ini kata Septina sangat sulit untuk mencari perempuan yang diamanahi sebagai pimpinan-pimpinan strategis dalam pemerintahan.

''Pandangan kesetaraan ini semoga dapat terus berlangsung dn dijaga kekonsistensiannya sebagai perubahan yang baik pada dinamika perpolitikan kita. Bahwa perempuan sudah berdiri sejajar dengan lelaki,'' kata Septina.


Septina Primawati saat menyampaikan pidato usai dilantik sebagai Ketua DPRD Riau.

Septina juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikannya kepercayaan baik DPP Golkar dan daerah serta seluruh masyarakat yang menjadi pemilihnya di daerah. ''Kiranya jika tak ada dukungan dari masyarakat, kita tak mungkin dapat berdiri di sini sekarang,'' imbuh istri Rusli Zainal ini.

Resminya pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Septina sebagai Ketua DPRD Riau telah memecah kekosongan jabatan ketua DPRD Riau sejak Suparman mundur sebagai Ketua DPRD pada tahun 2015 lalu ketika mencalonkan diri sebagai bupati Rokan Hulu.

Sejak saat itu hingga dilantiknya Septina, kursi ketua DPRD harus dikosongkan dengan menunggu penunjukan dari DPP Golkar Riau atas rekoendasi DPD I Partai Golkar Riau. Namun karena adanya konflik di internal partai Beringin ketika itu terus meruncing dan cukup lama selesai, jabatan ketua DPRD Riau akhirnya tersandera konflik internal partai pemenang Pileg 2014 ketika itu.

Kebanggaan juga dirasakan Syarwan Hamid, mantan Menteri Dalam Negeri. Menurut Syarwan, sebagai perempuan pertama yang menjabat posisi tinggi di lembaga legislatif Riau, Syarwan berharap Septina bisa mengemban amanah yang diberikan. ''Saya ucapkan selamat dan sangat bahagia. Saya orang yang sangat mendorong agar bu Septina dipilih sebagai Ketua DPRD Riau guna mengisi jabatan yang sudah satu tahun kosong,'' sampai Syarwan Hamid, Senin (24/10/2016).

Dikatakan Syarwan, mengapa dirinya sangat yakin dan percaya dengan kemampuan Septina untuk memimpin lembaga legislatif, karena tidak memiliki cerita dan catatan buruk selama kariernya. ''Banyak sudah bukti kepemimpinan kaum perempuan berhasil. Seperti menteri dari kalangan perempuan rata-rata berhasil. Septina, bapak harap bisa mencontoh keberhasilan yang sudah ada dan mengikuti jejak yang baik tersebut,'' pintanya.


Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman memberi ucapan selamat kepada Septina Primawati.

Ucapan Selamat Berdatangan
Menyusul pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, ucapan selamat pun berdatangan. Antara ain dari DPW Partai Persatuan Indonesia Provinsi Riau, yang menyampaikan ucapan selamat kepada Septina. Ketua DPW Perindo Riau Ahmi Septari melalui Ketua Bidang Organisasi DPW Partai Perindo Riau Erfan Panca Putra secara khusus memberikan ucapan selamat kepada Ketua DPRD Riau yang telah dilantik hari ini.
 
Menurutnya, dengan telah dilantiknya Septina, maka secara resmi ia telah menjadi Ketua DPRD Riau dan tidak ada keraguan lagi apalagi terkait polemik sebelumnya yang terjadi. ''Kita sampaikan ucapan selamat dan kita apresiasi pelantikan ini, ini juga menjawab keraguan publik selama ini terkait dengan ditunjuknya Septina sebagai Ketua DPRD Riau,'' ujarnya.

Ia pun meminta semua pihak menghormati semua proses yang sudah berlangsung dan meminta agar semua mendukung Septina menjalankan tugas-tugasnya sebagai Ketua DPRD Riau. ''Menjadi tugas kita bersama untuk mendukung kepemimpinan beliau di DPRD Riau, kita berharap beliau mampu menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan aturan yang ada,'' harapnya.

Pandangan Tokoh
Bagaimanakah sosok Septina Primawati? Berikut komentar para tokoh tentang Septina Primawati, Ketua DPRD Riau yang baru dilantik.

Menurut Rivaie Rachman, mantan Wakil Gubernur Riau, dunia politik bukan hal baru bagi sosok Septina. ''Beliau ditempa politik lokal dan berasal dari keluarga politisi. Pengalamannya dalam memimpin organisasi sudah lebih dari cukup untuk memimpin DPRD Riau. Tinggal bagaimana dia meramunya nanti di dewan. Dan yang lebih penting, jadilah Septina dengan jati dirinya sendiri. Saya yakin, beliau mampu mewujudkannya,''katanya.

drh. H. Chaidir, mantan Ketua DPRD Riau, menilai Septina punya pengalaman panjang dalam memimpin organisasi. Selain seorang akademisi, putri almarhum Ismail Suko itu pribadi sederhana dan memiliki sence of crisis dan sence of responsibility.

''Septina juga punya leadership yang mumpuni. Dia sudah banyak pengalaman dalam memimpin organisasi, tinggal bagaimana nanti menyesuaikannya di DPRD Riau. Memang, lembaga politik dengan non politik berbeda. Namun, saya yakin Septina akan mampu mewujudkan nya dan mampu bekerjasama dengan Pemprov Riau demi kemajuan daerah,'' katanya.

''Pesan saya untuk Septina, jadilah pemimpin yang amanah, mau mendengar aspirasi rakyat dan siap dikritik. Hati-hati dalam setiap mengambil keputusan. Ketua dewan hanya 'corong', bukan berdiri sendiri, namun kolektif kolegial bersama tiga unsur pimpinan lainnya. Bangun sinergitas yang baik dengan unsur pimpinan lainnya, serta dengan seluruh anggota dewan,'' tambahnya.

Sementara Al-Azhar, Ketua Harian Lembaga Adat Melayu Riau, menilai tepat posisi Ketua DPRD Riau dipercayakan kepada Septina karena pengalaman beliau dalam berorganisasi bagus. ''Bahkan menjadi Ketua di banyak organisasi,'' katanya.

Bahkan Kolonel TNI (Purn) Darwis Rida, mantan Ketua DPD I Golkar Riau, optimistis Septina Primawati akan sangat mampu menjalankan amanah dan bekerja dengan baik memainkan peran sebagai Ketua DPRD Riau.

''Dan saya yakin, watak dan kepribadian intelektualitas dan kepemimpinan yang ada pada diri Septina Primawati mampu membawa lembaga dewan terhormat, menghasilkan kebijakan terbaik untuk masyarakat Riau. Saya kira, tak perlu kita ragukan lagi,'' katanya.

Di mata Syamsu Rakan Chaniago, praktisi hukum, juga mendukung pelantikan Septina sebagai Ketua DPRD Riau. ''Saya pribadi sangat setuju, sebab selain orangnya sejuk, sederhana, dan kalem, juga memiliki kemampuan dalam memimpin organisasi. Selain itu, dia juga memiliki kemampuan manajerial yang mumpuni, belum lagi dari aspek akademisnya, kan sampai sekarang dia masih menjadi dosen. Saya kira Septina sudah sangat tepat menjadi Ketua DPRD Riau. Dan ini sekaligus menjadi sejarah seorang perempuan menjadi Ketua DPRD Riau,'' katanya.

Hakim Agung di MA ini berharap di bawah kepemimpinan Septina citra dan marwah DPRD Riau yang belakangan 'babak belur' karena beberapa anggotanya terlibat kasus korupsi, dapat bangkit kembali. Selain itu, juga mampu menjaga hubungan yang harmonis dengan eksekutif demi memajukan Riau dan mensejahterakan masyarakatnya. ''Saya optimis, Septina mampu mengemban amanah dan melakukan tugas dan fungsinya sebagai Ketua DPRD Riau,'' tambahnya.

Termasuk Rosti Uli Purba, anggota DPD Asal Riau, juga menhyatakan dukungannya. Bahkan Rosti yakin Septina tidak akan membuat rapat-rapat rahasia, tidak akan membuka baterai HP dalam rapat dan menerima tamu. ''Dan saya yakin Septina akan menjaga marwah ketokohan bapak dan bundanya. Septina bukan anak kemarin sore dalam berpolitik. Bertahun-tahun dia tidur bersama ahli politik dan ahli strategi politik yaitu Rusli Zainal, anak muda yang cemerlang mendahului zamannya, yang memikirkan Riau jauh ke depan,'' katanya.

Di mata Fadel Muhammad, seorang kader Golkar di tingkat pusat, dari perspektif kepemimpinan perempuan, (pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Septina sebagai Ketua DPRD Riau)  ini merupakan sejarah sekaligus membuktikan bahwa perempuan mampu berperan di panggung politik. ''Dan saya kira Septina mampu mewujudkan perannya nanti sebagai Ketua DPRD Riau,'' katanya.

Menurutnya, Golkar merupakan partai yang sangat kokoh dan memiliki kader-kader yang excellent, baik di legislatif maupun di eksekutif. ''Dan menurut saya, Septina salah satu dari kader-kader itu. Saya tahu persis siapa Septina dan bagaimana sepak terjangnya. Orangnya sederhana, tak banyak bicara tapi soal berorasi, ilmiah sekali,'' pungkasnya. (advertorial)

DIBACA : 2493 KLIK

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 081371554444 atau Email: redaksi.riausatu@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.

 
Index

Konten SPORT | POLITIK | HUKRIM | OTONOMI | NASIONAL | PERISTIWA | IPTEK | EKONOMI | OTOMOTIF | JENDELA | ADVERTORIAL | ROHIL | INHIL |
RIAU | DPRD PROV. RIAU
Management TENTANG KAMI | REDAKSI | PEDOMAN MEDIA SIBER | INFO IKLAN | DISCLAIMER | INDEX
Copyright © 2014 RiauSatu.Com, All Rights Reserved