Selasa, 21 / 09 / 2021
Kamis, 16 September 2021 - 12:16 WIB
Kapolri Perintahkan Anggotanya Bersikap Humanis ke Masyarakat
Selasa, 14 September 2021 - 13:25 WIB
TLCI #2 Riau Bantu Warga Terdampak Banjir
Ketua LSP GATAKI Konstruksi Mandiri Terima SK Lisensi LSP dari BNSP

| OTONOMI
Senin, 30 Agustus 2021 - 14:40:45 WIB
PEKANBARU,RIAUSATU.COM-Lembaga Sertifikasi Profesi Gabungan Tenaga Ahli dan Terampil Konstruksi Indonesia (LSP GATAKI) Konstruksi Mandiri merupakan LSP pertama di Indonesia dibentuk oleh Dewan Pimpinan Pusat Gabungan Tenaga Ahli dan Terampil Konstruksi Indonesia (DPP GATAKI) yang merupakan Asosiasi Profesi Jasa Konstruksi Terakreditasi.

Sebagai Asosiasi Profesi dengan kategori Asosiasi Profesi Umum, DPP GATAKI telah menetapkan klasifikasi bidang keilmuan Manajemen Pelaksanaan pada saat pembentukan LSP dan lisensi LSP yang diberikan oleh BNSP meliputi ruang lingkup seluruh Jabatan Kerja pada klasifikasi Manajemen Pelaksanaan.

Jabatan Kerja tersebut ada 19 diantaranya Ahli Muda K3 Konstruksi, Ahli Madya K3 Konstruksi, Ahli Utama K3 Konstruksi, Personel Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Supervisor K3 Konstruksi, Petugas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Konstruksi, Manajer Logistik Proyek, Ahli Muda Bidang Keahlian Manajemen Konstruksi, Ahli Madya Bidang Keahlian Manajemen Konstruksi, Ahli Utama Bidang Keahlian Manajemen Konstruksi, Fasilitator Teknis Dalam Pembangunan Infrastruktur Berbasis Masyarakat, Ahli Muda Quantity Surveyor, Ahli Madya Quantity Surveyor, Ahli Utama Quantity Surveyor, Quality Engineer, Quality Assurance Engineer, Estimator Biaya jalan, Ahli Kontrak Kerja Konstruksi dan Ahli Sistem Manajemen Mutu Konstruksi.

Pada hari ini, Senin (30/8/2021), bertempat di Kantor LSP GATAKI Konstruksi Mandiri Pekanbaru, Riau, dilaksanakan penyerahan SK Lisensi dan Pelaksanaan Penyaksian Uji Kompetensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang dihadiri langsung oleh Ketua BNSP Kunjung Masehat beserta tim.

SK Lisensi dan Pelaksanaan Penyaksian Uji Kompetensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) diterima langsung oleh Ketua Pengarah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Gataki Konstruksi Mandiri Riau, H Aswandi SE.

Kunjungan BNSP tersebut ke LSP GATAKI Konstruksi Mandiri Pekanbaru dalam rangka kegiatan penyaksian uji kompetensi yaitu kegiatan sertifikasi yang pertama kali dilaksanakan oleh LSP GATAKI Konstruksi Mandiri dengan disaksikan secara langsung oleh BNSP untuk memastikan proses uji kompetensi yang dilaksanakan oleh LSP sudah memenuhi kaidah dan prosedur yang sesuai ketentuan.

Setelah dilakukan penyaksian dan LSP dinilai telah melaksanakan uji kompetensi dengan benar, maka BNSP akan menerbitkan Sertifikat Lisensi kepada LSP. 

Setelah memperoleh Sertifikat Lisensi LSP dari BNSP maka LSP GATAKI Konstruksi Mandiri secara resmi telah dapat melaksanakan pelayanan sertifikasi kompetensi kerja kepada masyarakat jasa konstruksi.

"Besar harapan kami LSP GATAKI Konstruksi Mandiri dapat berperan aktif dalam menciptakan tenaga kerja konstruksi yang kompeten dan bersertifikat kompetensi kerja sesuai dengan amanat dalam UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang jasa konstruksi serta mewujudkan salah satu Visi dari Pemerintah dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul, berkualitas dan berdaya saing tinggi dalam mencapai tujuan Bangsa Indonesia sebagai negara maju dan bermartabat," kata Kunjung Masehat.

Lisensi BNSP kepada LSP GATAKI Konstruksi Mandiri merupakan sebuah perjalanan yang cukup panjang. Dimulai dari ditetapkannya GATAKI sebagai salah satu Asosiasi Profesi Jasa Konstruksi yang Terakreditasi berdasarkan KEPMEN PUPR Nomor 1410/KPTS/M/2020 tentang Asosiasi Badan Usaha Jasa Konstruksi, Asosiasi Profesi Jasa Konstruksi dan Asosiasi Terkait Rantai Pasok Jasa Konstruksi Terakreditasi dan berdasarkan UU Nomor 2 Tahun 2017, maka GATAKI memperoleh hak untuk membentuk LSP.

Proses lisensi LSP GATAKI Konstruksi Mandiri merupakan sebuah proses yang cukup panjang karena harus mengkordinasikan antara 2 institusi pemerintah yaitu BNSP (dari Kementerian Tenaga Kerja) dan LPJK (dari Kementerian PUPR).

LPJK memiliki tugas dalam memberikan rekomendasi lisensi sementara BNSP merupakan institusi yang memberikan lisensi kepada LSP sesuai dengan rekomendasi dari LPJK.

Sejak ditetapkan sebagai Asosiasi Profesi Terakreditasi, DPP GATAKI langsung bergerak untuk membentuk LSP namun terkedala karena LPJK belum dapat menerbitkan rekomendasi akibat dari belum ditetapkannya Pedoman Pemberian Rekomendasi Lisensi kepada LSP.

Namun BNSP sangat kooperatif dalam menyikapi hal tersebut dengan tetap memberikan kesempatan kepada GATAKI untuk mengajukan permohonan Lisensi LSP, namun SK Lisensi akan diberikan setelah memperoleh rekomendasi dari Menteri melalui LPJK.

Berdasarkan Rapat Pleno BNSP pada 28 April 2021 LSP GATAKI Konstruksi Mandiri telah memperoleh lisensi dari BNSP, namun Rekomedasi Lisensi LSP baru diterbitkan oleh LPJK pada 10 Agustus 2021 sehingga SK Lisensi LSP baru dapat diterbitkan oleh BNSP pada 12 Agustus 2021.(rls)

DIBACA : 1071 KLIK

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 081371554444 atau Email: redaksi.riausatu@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.

 
Index

Konten SPORT | POLITIK | HUKRIM | OTONOMI | NASIONAL | PERISTIWA | IPTEK | EKONOMI | OTOMOTIF | JENDELA | ADVERTORIAL | ROHIL | INHIL |
RIAU | DPRD PROV. RIAU
Management TENTANG KAMI | REDAKSI | PEDOMAN MEDIA SIBER | INFO IKLAN | DISCLAIMER | INDEX
Copyright © 2014 RiauSatu.Com, All Rights Reserved