Jumat, 19 April 2013 - 12:58:52 WIB
Ahmad Junaidi: Petugas Satpol PP harus Memakai SOP
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Riau - Dibaca: 165 kali


PEKANBARU,RIAUSATU.com-Dalam kewajiban pelaksanaan tugas di lapangan, petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) seharusnya memakai sistem Standard Operating Procedure (SOP) atau prosedur pelaksanaan standar. Salah satunya yakni jika melakukan kegiatan razia dalam bertugas harus disertai Surat Perintah (Sprint) resmi.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Penyidik Pegawai Negeri Sipil (Kasi PPNS) Satpol PP Kota Pekanbaru, Ahmad Junaidi kepada Riausatu di ruang kerjanya.

"Seperti dijelaskan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2011 Tentang Standar Operasional Prosedur Satuan Polisi Pamong Praja dalam Pasal 1 nomor 4, yang berbunyi Standar Operasional Prosedur Satpol PP yang selanjutnya disebut SOP Satpol PP adalah prosedur bagi aparat Polisi Pamong Praja, dalam rangka meningkatkan kesadaran dalam melaksanakan tugas menegakan peraturan daerah dalam rangka meningkatkan kesadaran dan ketaatan masyarakat, aparat serta badan hukum terhadap peraturan daerah, peraturan kepala daerah dan keputusan kepala daerah serta penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat," jelas Ahmad.

Sedangkan di dalam Pasal 2, lanjutnya, maksud SOP Satpol PP sebagai pedoman bagi Satpol PP dalam melaksanakan tugas untuk meningkatkan kepatuhan dan ketaatan masyarakat terhadap peraturan daerah, peraturan kepala daerah dan keputusan kepala daerah serta menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat.

"Sedangkan dalam pasal 3 dibunyikan bahwa SOP Satpol PP bertujuan untuk mewujudkan keseragaman pelaksanaan tugas Polisi Pamong Praja dalam penegakan peraturan daerah, peraturan kepala daerah dan keputusan kepala daerah serta penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat," urainya. (fat)



4 Komentar :

Ultrabook Terbaru
19 April 2013 - 14:57:58 WIB

terima kasih atas info yang sangat menarik ini http://goo.gl/IPeuO salam sukses
obat maag ampuh
01 Mei 2013 - 08:22:51 WIB

informasi yang bermanfaat kakak, artikel nya bagus-bagus, teruslah berkarya :D http://goo.gl/2aD4D
jelly gamat
10 Mei 2013 - 12:57:16 WIB

dua jempol
jelly gamat
10 Mei 2013 - 13:15:23 WIB

mkesih
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)