Jumat, 28 Desember 2012 - 23:28:11 WIB
Bandara Udara Pulau Letung Direncanakan Beroperasi Pada 2015
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 196 kali


PEKANBARU,RIAUSATU.com-Kesiapan Kabupaten Anambas, Kepualuan Riau (Kepri) untuk memajukan daerahnya, sesuai dengan Visi Dinas Perhubungan Kabupaten Anambas, Anambas Terhubung 2015 pada awal tahun 2013 Kabupaten Anambas, khususnya Pulau Letung saat inu sedang membangun bandara udara internasional.

"Saat ini kesiapan pembangunan Bandara udara tersebut sudah mempersiapkan menyangkut perijinan. Ijin yang sudah disiapkan peletakan lokasi dan pembangunan Bandara selesai," ujar Kepala Dinas Perhubungan Anambas, Erson Gempa saat Riausatu menghubungi melalui Telpon, Jum'at (28/12).

Erson menambahkan, 135 Hektar tanah yang sudah disiapkan untuk bandara tersebut. Pembangunan bandara awal tahun 2013, dilakukan pengerjaan pada sisi darat, berupa pembangunan terminal, Fasilitas Umum, Tower, Jalan dan sebagainya.

"Sedangkan untuk sisi udara, berupa Runaway, Taxy way dan Apron akan di anggarankan dari APBN. Untuk nominalnya sampai saat ini lagi disusun. Sedangkan untuk sisi darat, dianggarkan dari APBD," ujar Mantan Asisten I tersebut.

Lebih lanjut Kadishub menjelaskan, untuk Runaway sekitar 2800 Meter dengan Lebar 30 Meter. Dan bisa didarati oleh pesawat berbadan lebar dan pesawat Jet. Namun Kapasitas Penumpang Bandara hanya sekitar 300 penumpang, saat ini luas bangunan hanya 1500 M2.

"Untuk menunjang sarana dan Prasarana, dari Sumber Daya Manusia (SDM), saat ini sudah mengirimkan 30 orang disekolahkan untuk tenaga Radar, Tower, Komputer dan sebagainya. Dan saya berharap, selesainya Bandara, tenaga yang disekolahkan sudah siap pakai," Sebut Pria Mantan STPDN Jatinagor Bandung tersebut.

Bandara Internasional Letung nantinya, tambah Erson, akan beroperasi pada tahun 2015. Nama bandara Letung tersebut diambil dari pulau Letung itu sendiri, kedepan nama bandara tersebut akan di sayembarakan kepada warga Anambas. Saat ini kepulauan Anambas baru memiliki satu bandara saja.

"kedepannya dengan dibukanya Bandara Internasional Letung, akan menambah daya tarik pengunjung untuk datang ke Pulau Letung, Karena Banyak objek Wisata yang terdapat daerah ini," sebut Erson mengakhiri pembicaraan (exza)



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)